Kamis, 05 November 2009

TANGGAP BENCANA GEMPA TASIK


Tanggap Bencana Gempa Tasik
POSKO UTAMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN TASIKMALAYA
Jalan Raya Timur 1285 Singaparna, Tasikmalaya
Jawa Barat
No Rekening Donasi: BRI Cabang Singaparna 0161-01-038211-50-8
Contact : Yusef Rafiqi 081222873500


I. Informasi Umum
Posko Tanggap Bencana Gempa Kabupaten Tasikmalaya
A. Singaparna: RB-BP Aisyiyah Muhammadiyah Jl. Raya Timur 1285 Singaparna, Tasikmalaya
B. Cigalontang: Posko Mesjid al-Bayan, Ranting Lengkong Jaya, Kp. Parawan desa Lengkong Jaya, Kecamatan Cigalontang

II. Pendahuluan
Gempa 7,3 skala richter (SR) yang berpusat di 142 kilometer barat daya Tasikmalaya Menghancurkan ratusan rumah di 9 desa di Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya. Akibatnya 400 penduduk terpaksa mengungsi di tenda darurat. Data sementara BNPB dari beberapa wilayah menunjukkan kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa sebanyak 17.000 lebih bangunan rusak. "Total bangunan rusak berat 8.585 dan bangunan rusak ringan sebanyak 9.111," . Bangunan rusak berat terbanyak terjadi di wilayah Tasikmalaya. Tercatat 1.470 rumah mengalami rusak berat, sedangkan bangunan yang rusak ringan berjumlah 1.418 bangunan. Di Garut, bangunan rusak berat sebanyak 965 dan rusak ringan sebanyak 1.840 bangunan. Kerusakan bangunan juga terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat yakni, Sukabumi, Bandung, Bandung Barat, Bogor, Ciamis dan Kuningan.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya yang berkewajiban mengayomi dan melindungi warganya dari kemungkinan terburuk pasca bencana tersebut, segera mengambil tindakan cepat dan tepat dengan mendirikan posko Muhammadiyah di lokasi bencana. Pendirian posko ini dimaksudkan sebagai sentralisasi segala macam kegiatan kemanusiaan yang berkaitan dengan bencana alam gempa bumi. Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia dalam tanggap darurat bencana, maka kami mengambil inisiatif untuk mengonsentrasikan kegiatan kemanusiaan tersebut di wilayah Kecamatan Cigalontang.

Setelah kegiatan tanggap darurat, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya berfokus pada rekonstruksi pasca gempa yaitu membangun kembali mesjid, mushalla, madrasah, rumah warga dan fasilitas Umum lainnya.

III. AKSI TIM KEMANUSIAAN PIMPINAN MUHAMMADIYAH KABUPATEN TASIKMALAYA

1. TANGGAP DARURAT

Aksi pada tanggap darurat telah dilaksanakan sejak tanggal 3 September 2009 di Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Salawu.
Aksi evakuasi dan pendataan korban dan kerusakan
1.1 Pemberian Bantuan Logistik
1.2 Aksi Kesehatan/bantuan medis

FOKUS WILAYAH : kampung Parawan, Kampung Pasirmalang, Kampung Kutil, Cijeruk, Pasir Jeungjing, Nagrak, Boleker, Ciinjuk, Tenjonagara, Kp. Tataru, Desa Sukaratu dan Bebedahan (Kecamatan Salawu), Desa Sirnaputra, kp Kadu Gede dan Pamoyanan

Tabel Kegiatan Penanggulangan Korban Bencana.

No Program Penanggulangan Bencana Waktu Tempat Penerima Manfaat
1. Pelayanan Kesehatan (UKK)
3- 11 September 09
2000 Pasien
2. Bantuan Logistik
4-20 September 2009
Desa Lengkong Jaya dan Sirnaputra
93 paket
3. Pemetaan Data Dampak Bencana
4 – 6 September 09 dan 1-6 Oktober 09
Desa lengkong Jaya, Sirnaraja dan Salawu

Mulai Oktober 2009 hingga Februari 2010 Posko Muhammadiyah Kab. tasikmalaya, segera merealisasikan Program Pemulihan (Recovery). Mohon Dukungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar